Skip to main content

Resep Sayur Daun Singkong

Resep Sayur Daun Singkong
Resep Sayur Daun Singkong. Jika merasa bosan dengan sajian daging-dagingan atau lauk pauk, tidak ada salahnya untuk mencoba beralih pada masakan sayur-sayuran. Selain alami juga sangat terjangkau, terjangkau dalam harganya tentunya. Atau bisa juga di kolaborasikan dengan lauk pauk lain sebagai sayur pelengkap, lalap dan lain-lain. Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara membuat sayur daun singkong, dan manfaat yang terkandung dalam daun singkong tersebut, silahkan simak selengkapnya.

Kandungan Daun Singkong

Daun singkong kaya akan kandungan vitamin, asam amino essensial, vitamin, dan juga protein yang amat baik bagi tubuh kita. Protein nabati juga diketahui banyak terkandung di dalam daun singkong ini dan berguna untuk dijadikan unsur yang bisa membangun sel tubuh dan menjadi sistem komponen pembentuk enzim.

Selain itu, asam amino yang terkandung di dalamnya juga berguna sebagai pengubah karbohidrat menjadi energi. Asam amino di dalam hijau daun ini juga bermanfaat untuk pemulihan luka yang ada di kulit, membantu regenerasi sel tubuh yang rusak, meningkatkan daya ingat, menguatkan tulang, dan juga membantu sistem metabolisme di dalam tubuh. Kemudian kandungan klorofil yang terdapat di daun singkong ini berguna sebagai anti-kanker serta zat antioksidan.

Manfaat Daun Singkong Lainnya

Selain kandungan vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh, sayuran ini juga memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, sehingga cocok sekali jika dijadikan salah satu menu bagi seseorang yang sedang menjalani program menurunkan berat badan. Untuk mereka yang merasa susah buang air besar, daun singkong ini sanggup mengatasi sembelit serta melancarkan sistem pencernaan karena kandungan seratnya yang cukup tinggi.

Dan selain itu, perlu anda ketahui bahwa daun singkong ini juga berkhasiat untuk dijadikan berbagai obat herbal yang bisa langsung kita minum dari air perasannya. Caranya pun juga sangat mudah, cukup dengan merebus daun singkong ini dan kita ambil airnya untuk dicampurkan dengan air kapur sirih ataupun jahe. Ramuan ini secara tradisional dipercaya mampu untuk mengatasi masalah sakit kepala, gejala rematik, penyakit flu, luka bernanah, diare, dan juga mempertahankan stamina tubuh kita.
Sayur Daun Singkong
Sayur Daun Singkong

Cara Membuat Sayur Daun Singkong Santan

Bahan :
  • Daun singkong (4 ikat)
  • Bawang merah yang besar (6 buah)
  • Bawang putih kecil (4 buah)
  • Jahe 1 buah
  • Laos 1 jempol
  • Kemiri 5 butir
  • Ketumbar 1 sdt
  • Sereh
  • Salam
  • Ebi goreng (minyaknya untuk menumis bumbu)
Cara Membuat :
  1. Semua bahan di giling halus kecuali sereh dan salam, lalu di tumis.
  2. Kemudian masukkan santan
  3. bila sudah mendidih masukkan daun singkong
  4. Lalu angkat, sajikan
Resep Tambahan :

Bila anda hanya menginginkan untuk menjadikan daun singkong ini sebagai lalap sambal anda hanya cukup dengan merebusnya sampai empuk kemudian di tiriskan.

Kemudian, bila ingin menjadikannya sebagai olahan urap daun singkong, atau kalau di daerah sunda di sebut "urab daun sampeu" juga sangat mudah, berikut caranya :
  • Daun singkong yang sudah di rebus di campur dengan kelapa yang sudah di parut dan dicampur dengan bumbu yang bisa anda atur menurut selera anda masing-masing.
  • Kemudian di sangrai, di aduk-aduk, tapi hati-hati jangan terlalu lama untuk menghindari supaya tidak gosong.
Oke demikian informasi mengenai Resep Sayur Daun Singkong, juga sepintas mengenai manfaat daun singkong ini kami informasikan. Selamat mencoba!
-->