Skip to main content

Tujuan Pemberian, Jenis, dan Macam-Macam Makanan Pendamping ASI

Tujuan Pemberian, Jenis, dan Macam-Macam Makanan Pendamping ASI
Setelah sebelumnya kami informasikan Pengertian ASI dan Pengertian MPASI, kali ini akan saya tambahkan juga tujuan pemberian MPASI. Tujuan Pemberian MP-ASI. Pada Usia 6 bulan atau lebih ASI saja sudah tidak lagi dapat mencukupi kebutuhan nutrisi bayi, usia pasti pemberian MP-ASI yang tepat bisa bervariasi antar bayi dan bergantung pada perkembangan individual sistem metabolik dan neuro motorik anak tapi lebih di sarankan sesudah berumur 6 bulan atau lebih.

Tujuan pemberian MP-ASI di antaranya :

a. Memenuhi kebutuhan zat gizinya yang meningkat untuk pertumbuhan dan aktivitasnya.

b. Mendidik anak untuk membina selera dan kebiasaan makan yang sehat.

c. Melatih pencernaan bayi agar mampu mencerna makanan yang lebih padat daripada susu. Membiasakan bayi mengkonsumsi makanan sehari-hari menggunakan sendok.

Jenis Makanan Pendamping ASI

MP-ASI yang baik harus terbuat dari bahan makanan yang masih segar seperti tempe, kacang-kacangan, telur ayam, hati ayam, ikan, sayur mayur, dan buah-buahan.

Jenis MP-ASI yang dapat di berikan adalah :

a. Makanan Lumat adalah makanan yang di hancurkan atau disaring tampak kurang merata dan bentuknya lebih kasar dari makanan lumat halus, contoh: bubur susu, bubur sumsum, pisang saring/kerok, pepaya saring, tomat saring dan nasi tim saring.

b. Makanan lunak adalah makanan yang dimasak dengan banyak air dan tampak berair, contoh: bubur nasi, bubur ayam, nasi tim, dan kentang puri.

c. Makanan padat adalah makanan lunak yang tidak nampak berair dan biasanya di sebut makanan keluarga, contoh: lontong, nasi tim, kentang rebus dan biskuit.

Saat memilih dan menentukan makanan yang baik, akan lebih bermanfaat jika dimulai dengan makanan pokok kemudian memutuskan makanan lain yang akan ditambahkan.

Makanan pokok adalah dimana semua masyarakat mempunyai makanan pokok. Makanan pokok merupakan makanan utama yang dikonsumsi, contohnya adalah serealia (misalnya beras, gandum, jagung, padi-padian, umbi-umbian).

Macam-macam Makanan Pendamping ASI

Secara umum ada dua jenis MP-ASI yaitu :

a. MP ASI pabrik yaitu MP ASI hasil pengolahan pabrik yang biasanya sudah dikemas/instan, sehingga ibu tinggal menyajikan atau mengolah sedikit untuk di berikan kepada bayi.

b. MP ASI lokal yaitu MP ASI buatan rumah tangga atau hasil olahan posyandu, dibuat dari bahan-bahan yang sering ditemukan disekitar rumah sehingga harganya terjangkau. Sering juga disebut MP ASI dapur ibu, karena bahan-bahan yang akan dibuat makanan pendamping ASI di olah sendiri.
-->